cara memilih lampu

4 Cara Jitu Memilih Lampu untuk Rumah Baru

Saat pindah ke rumah baru, tidak hanya furnitur yang perlu dipersiapkan secara matang, tetapi pencahayaan di rumah pun harus diperhatikan.


Apalagi, lampu menjadi salah satu komponen penting, yang perlu dipilih dengan penuh pertimbangan. Sebagai sumber cahaya untuk menerangi hunian, kamu harus memastikan bahwa lampu yang digunakan benar-benar bisa memberikan kenyamanan.

Lantas, bagaimana cara memilih lampu yang tepat?

Memang, jenis lampu yang tersedia cukup beraneka ragam, mulai dari bentuk, model, hingga ukuran. Namun, hindari memasang terlalu banyak lampu di rumah. Soalnya, bisa membuat ruangan terasa ramai dan sumpek.

Hal yang paling penting adalah pastikan jenis lampu yang kamu gunakan sesuai dengan ruangan tersebut. Misalnya, untuk lampu taman, kamu bisa memakai yang tahan air dan angin. Sedangkan lampu kamar mandi, harus tahan air dan lembap.

Yuk cek beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih lampu berikut ini.

1. Pahami konsep dan ukuran ruang


Sebelum memilih lampu, kamu perlu memperhatikan gaya ruang. Jika ruangan kamu memiliki desain interior yang modern, maka akan lebih baik kalau kamu menggunakan lampu dengan desain minimalis, tetapi tetap elegan, seperti lampu gantung. Kamu bisa membaca tips memilih lampu gantung di sini.


lampu gantung

Kemudian, cari tahu panjang dan lebar ruangan untuk menentukan seberapa besar cahaya yang dibutuhkan. Misalnya, untuk ruangan berukuran 5x5 m, kamu membutuhkan lampu dengan jumlah lumen sebesar 6250.


Nah, berikut beberapa rekomendasi lampu gantung yang bisa jadi pilihan..

2. Tentukan posisi lampu


Setelah mengetahui desain dan ukuran ruang, kamu perlu menentukan posisi dimana lampu akan dipasang. Misalnya, untuk ruang tamu, kamu bisa menempatkan lampu di pusat langit-langit agar menjangkau seluruh bagian ruang, seperti inspirasi berikut.


lampu langit-langit

Kemudian, pada ruang makan, akan lebih baik kalau kamu menempatkan lampu gantung di atas meja makan. Selain memberikan pencahayaan, lampu gantung juga bisa menambah sentuhan elegan pada ruang makan, lho.


lampu gantung meja makan

Berikut beberapa rekomendasi lampu gantung untuk ruang makan yang bisa kamu gunakan.

3. Pilih daya lampu sesuai kebutuhan


Tentunya, kamu tidak mau lampu yang kamu gunakan boros listrik, bukan? Untuk itu, pilihlah daya lampu yang sesuai dengan kebutuhan ruang.


Bila kamu ingin memasang lampu di kamar yang berukuran kecil, sebaiknya gunakanlah lampu dengan daya rendah. Sebaliknya, bila ruangan cukup besar, kamu bisa memakai lampu dengan intensitas cahaya yang lebih terang.


Soalnya, jenis lampu akan mempengaruhi cahaya dan daya yang dikeluarkan, lho. Contohnya, lampu LED cenderung lebih hemat energi dan menghasilkan cahaya yang lebih terang, terutama bila dibandingkan dengan bohlam biasa.


Nah berikut rekomendasi lampu LED yang bisa kamu gunakan.

Jika lampu compact fluorescent lamp (CFL) memiliki daya sebesar 55,4 lumen/watt, maka lampu LED hanya membutuhkan daya sebesar 84 lumen/watt. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan lampu LED untuk rumah baru, yang memiliki watt lampu lebih kecil.

Berikut ini rekomendasi lampu LED untuk plafon atau langit-langit yang bisa kamu gunakan di rumah.

4. Tentukan model lampu


Sebelum menentukan model lampu, pastikan kamu tetap memperhatikan ruangan tersebut. Cobalah untuk memakai model lampu yang berbeda-beda pada setiap ruang agar kamu tidak bosan.


Misalnya untuk dapur, kamu dapat memasang lampu strip LED di bawah kabinet. Jadi, dapur akan terlihat lebih terang dan menarik. Berikut beberapa rekomendasi lampu LED strip yang bisa kamu beli mulai dari Rp 100 ribuan.

Sedangkan untuk kamar tidur, kamu bisa memakai lampu yang lebih hangat, seperti warm white atau cool white. Nah, berikut beberapa rekomendasi lampu tidur yang bisa kamu gunakan di kamar.

Itu dia cara jitu memilih lampu di rumah baru yang perlu kamu tahu. Kamu bisa menemukan berbagai model dan jenis lampu hanya di ruparupa yang pasti #BikinBeres semua urusan rumah.