desain ruang keluarga

14 Desain Ruang Keluarga Terpopuler yang Nyaman

Ruang keluarga menjadi tempat paling nyaman untuk berkumpul, bertukar cerita, serta menghabiskan waktu dengan ayah, ibu, kakak, dan adik. Jadi, tidak heran bila desain ruang keluarga harus selalu diperhatikan agar terasa nyaman.


Tak perlu khawatir, sekarang ini sudah banyak inspirasi desain ruang keluarga yang populer di media sosial. Nah, kamu bisa mengikuti ide tersebut buat diterapkan di rumah, lho!

Bila kamu sedang mencari desain ruang keluarga terpopuler yang nyaman, kami punya beberapa inspirasinya, seperti berikut ini.


1. Putih Minimalis

Desain konsep rumah dengan dominasi putih bisa menciptakan tampilan yang sederhana dan elegan. Kamu juga bisa menerapkan konsep ini pada ruang keluarga, lho! Jadinya, ruangan bisa terasa lebih terang, luas, serta nyaman.

putih minimalis

Agar tidak terlalu monoton, berikan sedikit aksen hitam pada furnitur, seperti sofa dan meja sudut, seperti rekomendasi kami berikut ini.

2. Serba Hitam Minimalis

Warna hitam tetap bisa menciptakan tampilan yang menawan, apalagi kalau ruangannya besar. Soalnya, pemilihan warna gelap ini mampu memberikan kesan maskulin yang mendominasi.

serba hitam minimalis

Namun, kamu bisa memadukannya dengan warna cerah buat memberikan kesan elegan dan mewah. Salah satunya dengan memakai bantal sofa dan menambahkan hiasan rumah yang menarik, seperti berikut ini.

3. Tema Japandi

Perpaduan elemen Jepang dan Skandinavia dalam konsep Japandi banyak digunakan pada interior rumah beberapa tahun belakangan ini. Apalagi, konsep ini bisa menciptakan kesan modern dan berkelas.

tema japandi

Tidak melulu harus memakai bangku lesehan, sofa klasik warna netral dengan kaki sofa yang rendah pun bisa memberikan tampilan yang menawan. Berikut rekomendasi sofa yang bisa kamu gunakan.

4. Gaya Shabby Chic

Konsep shabby chic pada ruang keluarga bisa memberikan suasana tentram sekaligus elegan. Untuk menghasilkan desain ini, kamu dapat menggunakan dekorasi berupa bunga hias dan furnitur dengan tema floral yang manis.

5. Futuristic Style

Ruang keluarga dengan konsep futuristic lebih banyak memanfaatkan kaca sebagai elemen utama. Tidak hanya itu, pemakaian furnitur dengan warna gelap juga bisa menambah keleeganan pada interior satu ini.

futuristic style

Nah, kamu bisa melengkapinya dengan meja tamu kaca atau sekat dinding dari kaca biar terlihat lebih modern.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

6. Desain Ruang Keluarga Serba Kontras

Konsep warna kontras bisa memberikan tampilan yang tidak membosankan dan menjadikan ruangan terasa lebih segar dan hidup. Kamu bisa padukan warna hijau dengan elemen kayu, seperti lantai parket hingga perabot kayu.

serba kontras

Tambahkan juga tanaman artifisial sebagai elemen dekorasi biar terlihat lebih segar. Berikut rekomendasi tanaman artifisial yang bisa kamu gunakan.

7. Tema Coastal

Ruang keluarga dengan tema coastal identik dengan tampilan nuansa pantai. Untuk itu, konsep satu ini akan didominasi warna biru untuk memberikan ketenangan saat ingin melepas rasa penat.

tema coastal

Biar semakin cantik, tambahkan sentuhan warna laut lainnya, seperti putih dan cream.

8. Bohemian

Tema bohemian atau boho biasanya mengartikan konsep diri yang bebas. Kamu dapat mengombinasikan warna-warna terang, seperti cokelat terang, merah, kuning, dan biru.


Berikan juga sedikit aksen putih sebagai warna dinding agar menyempurnakan tampilan ruangan. Lalu, sampirkan
selimut tipis pada sofa untuk mempercantik visual.

9. Kontemporer Artistik

Bagi pencinta seni, ruang keluarga harus diberikan kesan artistik yang menonjol. Caranya dengan menambahkan beberapa dekorasi, seperti lukisan abstrak pada dinding yang kosong.

kontemporer artistik

Tenang, kami juga punya nih beberapa rekomendasi lukisan yang bisa kamu gunakan buat menciptakan gaya ruang keluarga satu ini.

10. Gaya Industrial

Konsep industrial biasanya sengaja menggunakan material unfinished dengan memanfaatkan material setengah jadi, seperti besi. Jadinya, ruangan akan terlihat lebih abstrak, tetapi tetap estetik.

gaya industrial

Nah, kamu bisa memakai perabot dari bahan stainless steel atau berwarna gelap supaya gaya industrial semakin terlihat.

11. Serba Pastel

Jika kamu ingin menciptakan ruangan yang tenang, tetapi tetap ceria, kamu bisa mengaplikasikan warna-warna pastel pada dinding ruang keluarga. Lalu, gunakan furnitur berwarna netral, seperti putih dan biru, agar semakin elegan.

serba pastel

Berikut beberapa rekomendasi perabot pastel yang bisa jadi inspirasi buat kamu.

12. Skandinavia

Skandinavia adalah konsep ruangan yang menggabungkan tema modern, minimalis, dan fungsional. Ciri khas dari konsep satu ini adalah rapi dan terorganisir dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan perabot multifungsi dengan warna cokelat muda dan putih agar terlihat elegan.

skandinavia

Nah, berikut rekomendasi furnitur serbaguna yang bisa kamu gunakan.

13. Desain Hibrida

Konsep hibrida merupakan desain yang memanfaatkan banyak ruang terbuka. Artinya, tidak ada sekat dinding antara ruangan sehingga terlihat saling menyatu. Contohnya, ruang keluarga yang langsung terhubung dengan ruang makan. Tidak hanya terlihat nyaman, cara ini juga bisa membuat rumah terasa lebih luas.

desain hibrida

14. Minimalis Serba Abu

Abu-abu menjadi pilihan warna aman yang tidak monoton buat di ruang keluarga. Namun, kombinasikanlah dengan warna putih dan krem untuk menciptakan nuansa klasik. Agar sejuk, tambahkan juga tanaman hijau di sudut ruangan, ya.

serba abu

Berikut rekomendasi perabot abu-abu yang bisa jadi pilihan buat kamu.

Itu dia beberapa desain ruang keluarga terpopuler yang bisa kamu terapkan pada hunian agar keluarga betah berlama-lama di dalamnya. Jadi, mana nih dekorasi ruang keluarga yang paling kamu suka?