jarak ideal mata ke layar monitor

Ini Dia Jarak Ideal Mata ke Layar Monitor Komputer

Bekerja menggunakan laptop dan komputer merupakan aktivitas sehari-hari yang tak terhindarkan. Apalagi, jika pekerjaanmu mengharuskan untuk menatap layar laptop dan dokumen selama berjam-jam.


Idealnya mata menatap monitor per hari adalah 2 jam. Namun, kalau terlalu sering, tentu bisa memengaruhi kesehatan mata dan mengakibatkan Computer Vision Syndrome (CVS). Ada beberapa gejala yang bisa terjadi kalau menatap monitor terlalu lama, seperti mata lelah, mata merah, iritasi mata, nyeri pada leher dan pundak, serta penglihatan jadi buram. 


Selain itu, jarak antara mata dan monitor komputer pun perlu diperhatikan. Bila terlalu dekat, tentu akan berbahaya untuk kesehatan  mata.

jarak ideal mata ke layar monitor

Lantas, apa bahaya jika jarak mata dan monitor tidak tepat?


Pada umumnya, setiap manusia berkedip 15-20 kali dalam satu menit. Akan tetapi, menatap layar laptop terlalu lama dan dekat, membuat frekuensi berkedip menurun.


Aktivitas ini juga bisa memaksa otot siliaris mata untuk terus berkontraksi sehingga kita pun mudah merasa kelelahan. Semakin lama, kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya sindrom penglihatan komputer.

jarak mata ke monitor

Namun, menatap layar laptop dalam jarak jauh juga tidak baik untuk kesehatan mata. Hal ini akan membuat otot mata bekerja lebih keras untuk memfokuskan mata melihat teks kecil.


Selain itu, bahu dan bagian leher akan cenderung condong ke depan untuk melihat layar, yang dapat menyebabkan nyeri dan otot tubuh pun jadi tegang.


Untuk menghindari terjadinya hal seperti ini, kamu  perlu mengatur jarak mata ke monitor yang sesuai.

Berapakah jarak mata ke monitor yang ideal untuk menjaga kesehatan mata saat bekerja? Mari kita cari tahu jawabannya berikut ini.


Jarak mata ke layar monitor yang baik adalah 50 cm dengan bagian atas monitor sejajar mata (eye-level). Menurut Occupational Safety and Health Association (OSHA) tahun 1977, sebaiknya berikan jarak sekitar 46-61 cm dari mata ke layar monitor komputer.


Jarak ini dianggap tidak terlalu dekat ataupun jauh.  Sedangkan derajat kemiringan untuk melihat bagian tengah layar adalah 15-20 derajat. Pastikan  juga arah monitor tidak lebih dari dari 35 derajat ke kiri atau kanan.


Apabila kamu merasa tulisan masih terlalu kecil dalam jarak tersebut, maka kamu bisa mengatur ukuran tulisan di layar monitor komputer.  Hindari mendekatkan mata ke layar monitor.


Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah memilih meja kerja yang tepat. Pastikan kamu memakai tinggi meja yang ideal sekitar 72-76 cm agar sesuai dengan ukuran jarak tersebut.



Nah, kamu bisa menggunakan meja kerja untuk  mendapatkan arak ideal, seperti di bawah ini.

Kamu juga boleh menggunakan penyangga laptop guna menambah tinggi layar monitor agar sejajar dengan eye-level. Jadinya, bisa mengurangi ketegangan pada leher.


Berikut ini kami punya rekomendasi penyangga laptop yang bisa kamu gunakan.

Bagaimana cara mencegah mata lelah?


Selain menjaga jarak mata dengan monitor, ada  beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata dari menatap layar monitor, antara lain.


1. Atur cahaya layar komputer


Biar mata tidak sakit, pastikan cahaya layar komputer tidak terlalu gelap. Kamu perlu mengatur kecerahan layar yang kontras dengan penglihatan. Selain itu, intensitas cahaya di lingkungan juga mempengaruhi kesehatan mata.

2.  Pakai kacamata anti radiasi


Kalau kamu sering menatap layar kaca lebih dari 2 jam, maka kacamata satu ini sangat membantu mencegah mata lelah. Soalnya, kacamata anti radiasi dapat membelokan cahaya biru pada monitor

3. Berkedip sesering mungkin untuk melembabkan mata


Pastikan mata kamu selalu lembap supaya tidak terasa lelah. Salah satu caranya adalah sering mengedipkan mata. Kamu juga dapat memakai obat tetes mata biar tidak kering.


4. Istirahatkan mata dengan aturan 20-20-20


Mengistirahatkan mata setiap 20 menit selama 20 detik dengan melihat objek berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Selain untuk menjaga kesehatan mata, hal ini juga bisa membantu untuk menyegarkan pikiran yang suntuk.


5.  Rutin mengkonsumsi makanan sehat


Konsumsi makanan-makanan bergizi yang mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin, seperti wortel, bayam, kubis, dan kol untuk menjaga kesehatan mata.

6. Atur  posisi duduk dengan baik 


Posisikan kepala dan dada tegak dengan punggung bersandar pada kursi. Selain agar jarak pandang lebih baik, otot tubuh juga tidak akan kelelahan. Jadi, pastikan ukuran meja dan kursi kantor sudah ideal, ya!

body-desktop-posisi-duduk

Nah, itu dia hal penting yang perlu kamu perhatikan saat bekerja untuk menjaga kesehatan mata. Yuk pastikan kamu selalu mengatur posisi duduk dan jarak mata ke  komputer biar tidak cepat lelah, ya!