jenis alat kesehatan
5 Jenis Alat Kesehatan yang Wajib Ada Di Rumah

Perubahan cuaca yang tidak menentu membuat tubuh mudah terserang penyakit. Selain perlu menjaga kesehatan, kita pun harus mulai menyiapkan alat kesehatan mandiri di rumah.

Terlebih, bila anggota keluarga memiliki penyakit bawaan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, dan masalah pernapasan.

Lalu, apa saja alat kesehatan yang harus kita miliki di rumah? Simak berikut ini, yuk.

1. Termometer

Alat kesehatan yang wajib ada di setiap rumah adalah termometer. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini karena berfungsi untuk memantau suhu tubuh seseorang.

Pastikan kamu menggunakan jenis termometer yang mudah dan praktis. Seperti rekomendasi termometer digital kami di bawah ini.

2. Oximeter dan Tensimeter

Alat kesehatan selanjutnya yang perlu kamu siapkan di rumah adalah oximeter dan tensimeter. Alat ini bisa membantu memantau kadar jumlah oksigen di dalam darah. Selain itu, oximeter juga bisa membantu menghitung detak jantung manusia.

Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan jari di dalam tempat yang telah tersedia. Jika hasil jumlah oksigen menunjukkan nilai di bawah 90%, maka kamu harus segera mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

Sedangkan tensimeter dapat berfungsi untuk mengetahui tekanan darah setiap harinya. Bahkan, kamu juga bisa memantau kinerja obat yang diminum, tertama bila memiliki riwayat hipertensi, tekanan darah rendah, dan penyakit jantung.

3. Glukometer

Alat pengecek kadar gula darah atau glukometer dapat membantu memantau kadar gula darah. Alat ini harus dimiliki oleh penderita diabetes maupun obesitas.

Kamu cukup membersihkan ujung jari dengan alkohol swab dan mengambil sampel darah dari ujung jari. Kemudian, teteskan sampel darah di strip tes, dan masukkan strip tes ke glukometer. Tunggu beberapa saat hingga angka hasil kadar gula darah muncul.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

Umumnya, alat ini telah hadir dalam bentuk digital sehingga mudah digunakan, seperti rekomendasi kami di bawah ini.

4. Nebulizer

Peralatan medis satu ini dapat membantu mengubah obat-obatan menjadi uap aerosol guna mempermudah penyalurannya ke saluran pernapasan.

Alat ini direkomendasikan untuk kamu yang memiliki gangguan pernafasan seperti asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).
 

Konsultasikan dulu jenis dan kadar obat sesuai anjuran dokter agar hasil penggunaannya maksimal. Berikut adalah rekomendasinya.

5. Alat Pijat

Terakhir, kamu juga perlu menyediakan alat pijat. Tidak hanya memberikan rasa rileks, alat pijat juga bisa memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

Namun, pastikan kamu memilih alat pijat yang sesuai kebutuhan, ya. Jika kamu membutuhkan alat untuk menghilangkan ketegangan otot pada tubuh, kamu bisa memakai kursi pijat. Lain halnya kalau ingin mengatasi rasa pegal di kaki dan tangan, kamu bisa memakai alat pijat khusus kaki atau tangan.

Nah, kami punya beberapa rekomendasi alat pijat yang bisa kamu gunakan di rumah.