alat dapur ramadan

9 Alat Dapur Serbaguna yang Wajib Ada di Bulan Ramadan

Pasti akan terasa menyenangkan jika bisa merayakan hari raya bersama dengan keluarga, bukan? Tentunya, kamu bakal jadi semangat untuk membuat hidangan lezat di rumah, baik untuk sahur dan buka puasa. Biasanya, menu makanan selama Ramadan cukup berbeda dari biasanya. Hal ini karena adanya keterbatasan waktu, terutama saat sahur.

Nah, biar lebih praktis, kamu bisa nih memakai alat masak dan perlengkapan makan berkualitas seperti berikut.

1. Oven Toaster


Alat masak satu ini wajib kamu punya biar bikin roti dan kue jadi lebih efisien. Namun, pastikan oven toaster punya pengontrol suhu dan waktu, ya! Jadinya, hasil makanan pun bisa matang sesuai kebutuhan.

2. Multi Cooker


Mau masak lebih cepat dan praktis? Gampang! Kamu bisa nih pakai multi cooker yang dapat digunakan untuk merebus, menggoreng, dan mengukus makanan. Alat satu ini juga bisa menghemat tempat penyimpanan di dapur, lho!

3. Sarung Tangan Oven


Berikutnya, kamu perlu menyediakan perlengkapan masak satu ini untuk melindungi tangan ketika mengeluarkan makanan dari oven. Pastikan kamu memakai sarung tangan yang cukup tebal biar lebih aman saat memasak di dapur.


Lihat Shop the Look Selengkapnya Desktop

4. Spatula Kayu


Kalau alat masak satu ini bisa membantu kamu untuk meratakan semua bahan makanan dan bumbu saat masak, lho! Nah, kamu bisa nih pakai spatula kayu yang kuat dan tahan panas.


5. Piring Saji


Hidangan makanan yang menarik bisa meningkatkan selera makan, lho! Yuk, gunakan piring saji yang cantik! Kamu juga bisa nih pakai piring saji berwarna putih supaya masakan kelihatan lebih menonjol.  Biar terlihat lebih senada, pilih juga piring saji yang sudah terdiri dari beberapa ukuran, dari kecil hingga besar. Berikut rekomendasi piring saji yang dapat kamu gunakan.

6. Stoples Kue


Pastikan juga kamu menyimpan kue kering di dalam stoples yang kedap udara, ya! Pilih warna dan motif stoples yang menarik biar ruang makan terlihat lebih cantik. Kamu juga bisa memakai stoples transparan biar lebih mudah melihat kue yang tersimpan. Nah, berikut beberapa rekomendasi stoples terbaik buat kamu.


7. Mug


Gunakan dan letakkan mug porselen warna-warni yang minimalis di atas meja makan. Jadinya, suasana jamuan terasa lebih hangat. Kamu perlu memakai tatakan mug yang tahan panas untuk melindungi lapisan permukaan meja, ya!

Percantik Rumah dengan Tips Lainnya

8.  Set piring


Untuk menikmati makanan yang dihidangkan, tentu kamu perlu memakai piring. Biar terlihat lebih menawan di atas meja makan, gunakan set piring yang senada. Umumnya, set piring sudah tersedia dalam beberapa ukuran, seperti rekomendasi berikut ini.

9.  Teko saji dan gelas kaca


Bulan puasa identik dengan menu yang manis-manis, terutama pada waktu berbuka. Selain takjil berupa kolak, kamu juga bisa membuat minuman segar yang manis, seperti air kelapa, es timun jeruk nipis, dan es lidah buaya. Supaya bisa disajikan dengan nikmat, kamu bisa nih memakai teko besar atau pitcher. Pilih teko saji yang sudah dilengkapi dengan gelas kaca, seperti rekomendasi berikut ini.