ruang makan minimalis

12 Desain Ruang Makan Minimalis yang Nyaman

Kamu ingin membuat ruang makan yang cantik, tapi terkendala dengan luas ruangan? Jangan khawatir, kamu dapat membuat ruang makan minimalis yang tentunya akan sangat cantik, walaupun dengan tempat yang terbatas.


Ada banyak sekali pilihan tema yang dapat kamu coba untuk mewujudkan ruang makan minimalis yang nyaman bagi keluarga. Hal yang paling penting adalah pemilihan perabot dan palet warna yang tepat.


Soalnya, ukuran perabot dapat mempengaruhi luas ruangan. Sedangkan palet warna dapat memberikan kesan ruangan yang lebih lega dan lapang. 

Masih bingung? Tenang, ruparupa bisa #BikinBeres nih! Cukup simak inspirasi 12 desain ruang makan minimalis yang dapat kamu coba di ruangan kecil berikut ini.

1. Tema modern Scandinavian


Tema Scandinavian memiliki desain yang sederhana, tetapi tetap menarik. Gak heran kalau banyak orang yang suka sama tema satu ini. Cara membuat ruang makan scandinavian pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memadukan perabot kayu modern dengan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, dan krem. Suasana makan keluarga kamu pasti akan lebih nyaman dan hangat.

modern scandinavian

Berikut beberapa rekomendasi perabot yang bisa kamu pakai buat membuat ruang makan gaya Scandinavian.


2. Perabot serba biru


Perabot warna terang juga bisa memberikan kesan menyenangkan. Kamu dapat memilih desain satu ini karena sangat simpel dan tidak memerlukan banyak dekorasi. Cukup gunakan kursi makan warna biru untuk menciptakan titik fokus di dalam ruang makan. Kamu bisa padukan dengan meja makan warna cokelat muda atau putih supaya terlihat lebih menawan. 

perabot serba biru

3. Desain monokrom yang menawan


Tema monokrom memang tidak pernah mengecewakan. Kamu dapat menerapkan desain ruang makan minimalis satu ini di rumahmu untuk membuat kesan keren dan menawan. Biasanya, tema ini akan didominasi oleh warna hitam dan putih.  Kamu dapat memadukan kursi hitam dengan meja cokelat.

desain monokrom



Nah, berikut rekomendasi perabot ruang makan warna hitam dan putih yang bisa kamu gunakan.

4. Menggunakan furnitur kasik dan elegan


Furnitur klasik memang akan selalu elegan dan tidak pernah membosankan, seperti meja dan kursi dari material kayu. Cobalah menerapkannya di ruang makan rumah kamu. Pastinya suasana makan keluarga akan lebih intim. Umumnya, perabot klasik akan tahan lama dan tidak ketinggalan zaman. Jadi, kamu tidak perlu sering-sering mengganti perabot.


Nah, berikut rekomendasi perabot klasik yang bisa kamu gunakan.


5. Tema industrial dengan lampu hias unik


Tema satu ini juga sedang menjadi favorit banyak orang, lho! Gunakan meja kayu dan kursi seng unik dengan warna netral, seperti hitam atau coklat tua. Kamu pun dapat menambahkan lampu hias yang unik untuk mempercantik ruang makanmu.


Nah, berikut adalah rekomendasi lampu hias yang bisa kamu pasang di ruang makan.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

6. Ruang makan minimalis ala Jepang


Desain interior ala Jepang memang selalu memberi inspirasi. Jika kamu tertarik, gunakanlah perabot dengan warna alami, seperti cokelat dan krem. Warna inilah yang membuat ruang makan kamu tetap akan menjadi nyaman dan menawan, lho. Cukup gunakan kursi krem dipadukan dengan meja putih kombinasi cokelat seperti inspirasi di bawah ini. 


ala jepang

Berikut adalah pilihan kursi dan meja makan ala Jepang yang bisa kamu gunakan.

7. Serba putih dengan ssentuhan tanaman hijau



Ruangan serba putih memang sangat memanjakan mata. Apalagi, warna netral satu ini akan membuat ruang makan menjadi lebih bersih dan luas. Keluargamu pun juga akan merasa lebih nyaman saat menyantap hidangan bersama, lho!

sentuhan tanaman

Nah, berikut adalah kursi ruang makan serba putih yang bisa jadi pilihan kamu di rumah.

Tambahkan juga peralatan makan seperti di bawah ini agar visual semakin menarik.

8. Desain yang minimalis dan modern


Jika kamu memiliki banyak anggota keluarga di rumah, cobalah desain satu ini. Memadukan kursi putih dengan aksen kayu yang manis dapat membuat suasana makan keluargamu menjadi lebih nyaman, hangat, dan menyenangkan.

minimalis modern

9. Ruang makan menyatu dengan dapur


Selain menghemat tempat, desain satu ini juga akan membuat kamu lebih mudah memindahkan peralatan makanan dan hasil masakan karena jaraknya yang dekat. Desain satu ini sangat cocok bagi keluarga kecil.

menyatu dengan dapur

10. Ruang makan minimalis ala Korea


Banyak orang yang saat ini menyukai drama Korea. Pasti kalian sering berpikir ingin memiliki rumah, ruang makan, atau kamar ala drakor. Cobalah desain ruang makan minimalis ala korea satu ini di rumahmu. Desain ini sangat mengutamakan fungsi dari perabotannya itu sendiri.

body-desktop-warna-pastel

11. Ruang makan dengan meja bar



Biar terasa lebih santai saat menyantap hidangan, kamu bisa nih memakai meja bar. Pilih model meja dengan aksen putih dan terbuat dari kayu agar terlihat lebih menarik. Selain tempat buat menyantap hidangan, meja satu ini juga bisa menjadi pembatas ruangan, lho.

meja bar

Nah, berikut beberapa model meja bar yang bisa kamu gunakan.

12. Gunakan aksen abu-abu untuk terlihat mewah


Bila kamu ingin menciptakan kesan yang lebih elegan di dalam ruang makan, kamu dapat memakai perabot serba abu-abu. Gunakan kursi makan abu-abu dipadukan dengan meja makan warna putih atau cokelat. Kamu juga dapat memakai meja makan marmer berwarna krem supaya semakin mewah.

desain ruang makan minimalis

Nah, kami juga punya beberapa rekomendasi kursi makan abu-abu yang dapat kamu gunakan.

Jadi, mana ide desain ruang makan minimalis yang paling kamu suka nih?