memilih TV LED

Ini Dia 6 Tips Memilih Ukuran TV LED yang Tepat Buat di Rumah

Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak hal baru yang tercipta, seperti perkembangan televisi atau TV. Di mulai dari TV yang berukuran tabung dan terus berkembang mengikuti zaman, hingga sekarang muncul TV LED.

Sekarang, tak sedikit orang yang memakai atau membeli TV LED dengan segala kelebihannya. Salah satunya adalah kenyamanan dalam menonton. Bahkan, kamu pun bisa membuat home theater di rumah dengan bermodalkan TV LED.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih TV LED. Apa saja itu?

1. Ukuran TV


Kamu harus mengetahui luasan ruangan yang akan kamu jadikan home theater. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah dalam memilih ukuran TV LED yang harus dibeli.

Misal, kamu bisa memilih TV berukuran 32 inci bila memiliki ruangan tidak terlalu besar. Namun, kalau ruangan luas, kamu bisa nih memakai TV berukuran 85 inci yang lebih gede. Jadi, suasana nonton pun terasa lebih menyenangkan.

2. Fitur yang ditawarkan


Ada banyak TV yang menawarkan banyak fitur canggih. Bila kamu ingin menonton film favorit melalui layanan streaming, ada baiknya memilih smart TV yang dapat terhubung dengan bluetooth dan wifi.

Selain itu, ada juga TV yang menawarkan fitur Google Assistant sehingga kamu bisa mengatur smart TV melalui audio. Berikut beberapa rekomendasi TV LED dengan fitur terbaik yang bisa jadi inspirasi buat kamu.

3. Resolusi TV


TV LED memiliki beberapa pilihan resolusi. Di antaranya 8K, 4K, dan HD. Ketiga resolusi ini merupakan yang paling direkomendasikan untuk dijadikan home theater.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

- TV 8K

TV 8K adalah TV dengan resolusi tertinggi sehingga mempunyai kualitas gambar yang lebih tajam dan detail. Biasanya, TV 8K berukuran 55 inci ke atas sehingga lebih cocok untuk ruangan berukuran besar.
 

- TV 4K

TV 4K mempunyai 3.840 piksel horizontal dan 2.160 piksel vertikal sehingga mampu menghasilkan gambar dan warna yang jernih. Ada banyak pilihan ukuran TV 4K, dari 43 inci hingga 85 inci. Nah, kamu bisa beli TV LED satu ini mulai dari harga Rp3 jutaan, seperti berikut ini.
 

- TV HD

TV HD atau High Definition Television adalah TV digital yang mempunyai resolusi lebih tinggi daripada TV biasa. Biasanya, TV HD mempunyai resolusi 1366 x 768 piksel.

Selain gambarnya yang bagus, TV ini cukup digemari karena mempunyai ukuran beragam, dari 32 inci hingga 85 inci, seperti berikut ini.

4. Pastikan konektivitas TV cukup baik


Bila kamu mencari TV yang lebih canggih, Smart TV bisa jadi pilihan. Namun, kamu perlu membeli TV yang dilengkapi konektivitas cukup baik. Jadinya, kamu bisa menyalakan internet melalui TV dengan lebih mudah, serta menonton streaming pun jadi lebih lancar.

Pilih juga TV yang sudah dilengkapi dengan slot HDMI, USB, dan juga koneksi WiFi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu memakai TV sebagai sarana hiburan terlengkap, dari nonton hingga main game.


5. Pilih yang punya garansi resmi


Tahapan berikutnya adalah cari TV yang sudah dilengkapi garansi resmi. Jadi, kamu bisa langsung memperbaiki TV saat mengalami kerusakan. Umumnya, saat membeli TV LED maupun Smart TV, kamu akan mendapatkan garansi mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun, tergantung dari merek TV yang kamu beli. 


6. Sesuaikan dengan bujet


Terakhir, pastikan kamu membeli TV LED yang sesuai dengan anggaran pengeluaran. Umumnya, harga TV LED bisa kamu beli mulai dari Rp1 jutaaan hingga lebih dari Rp10 jutaan, tergantung dari fitur dan ukuran TV. 


Nah, kami juga punya nih beberapa rekomendasi TV LED dengan harga mulai dari 1 jutaan berikut ini.